Perubahan Pola Persaingan Global
Pemfokusan kembali strategi ( Strategic Refocusing ) adalah suatu proses berkesinambungan yang dilakukan oleh organisasi untuk memperoleh peluang – peluang dan menghindari ancaman – ancaman yang diciptakan oleh lingkungan bisnis. Manajemen dapat merubah misi dasar dan ruang lingkup perusahaan.
Perubahan – perubahan dalam pasar terjadi karena pergeseran kebutuhan konsumen, pola persaingan baru dan perubahan dalam lingkungan bisnis global. Pengaruh ini terdiri atas perubahan kebijakan masyarakat, kekuatan sosial kemajuan teknologi dan kinerja ekonomi.
Strategi merupakan sarana organisasi yang digunakan untuk mencapai sebuah tujuan dan mengimplikasikan konsep manajemen dari lingkup bisnis, misi, maksud, dan tujuan. Komponen permasalahan strategi perusahaan :
- Ruang lingkup, misi dan tujuan
- Tujuan
- Strategi pengembangan
- Pengalokasian sumber daya
- Sumber Keunggulan :
- Keterampilan
- Sumber daya
- Pengendalian
- Keunggulan Posisi yaitu merupakan hasil produksi dengan biaya rendah atau diferensikan yang memberikan keunggulan nilai bagi konsumen.
- Prestasi Hasil Akhir
- Analisis yang berorientasi pada konsumen yaitu Meliputi penentuan konsumen, pengidentifikasian nilai yang dicari pembandingan kinerja organisasi dengan pesaingnya dan pengidentifikasian alas an mengapa konsumen menganggap satu perusahaan lebih hebat dari yang lainnya.
- Analisis yang berpusat pada persaingan yaitu Dua teknik yang diguanakan dalam analisis ini adalah analisis rantai nilai dan teknik patok duga.
0 komentar:
Post a Comment